Layanan Data Axis Lebih Dominan

petinggi-Axis150Jakarta – Natrindo Telepon Seluler memproyeksi layanan data internet dan pesan singkat (short message service atau SMS) akan lebih mendominasi trafik telekomunikasi pelanggan Axis selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Chief Technology Officer Axis Mohammed Muslim Khan, menjelaskan lebih murahnya tarif SMS, yang hanya 10% dari tarif percakapan suara (voice call), diperkirakan mampu mendongkrak trafik SMS hingga tiga kali lipat.

“Sedangkan layanan data akan meningkat hingga 200%, apalagi kami juga menyelenggarakan BlackBerry dan mobile broadband 3G,” ujarnya sebelum melepas drive test jaringan Axis dari Jakarta menuju Semarang, di Menara Dea, Jakarta, Rabu (19/8/2009)

Axis yang kini memiliki lima juta pelanggan, mengaku tak kuatir jika saat Lebaran nanti akan terjadi lonjakan trafik pada jaringannya. Meski mengaku masih siap menampung lonjakan kapasitas hingga tiga kali lipat, mereka tetap mempersiapkan kekuatan jaringan sejak jauh-jauh hari.

Sejak beroperasi April 2008 silam, operator ini telah membangun lebih dari 4.600 unit base transceiver station (BTS) di seluruh Indonesia, dimana 900 unit di antaranya merupakan Node B untuk BTS 3G. Jumlah tersebut tersebar di 192 kota di Indonesia

Dalam setahun, Axis telah meningkatkan 60% jumlah BTS miliknya dengan coverage terbesar di Pulau Jawa. Sedangkan 700 BTS di antaranya terdapat di Sumatera. “Ke depan, kami akan membangun 50-100 BTS per propinsi,” tandas Alban Ridwan, Senior Manager Network Division Axis for West & Central Java. sumber: detik.com

Leave a comment