Telkomsel Siapkan Roadmap Jaringan 4G

4G150Jakarta – LTETelkomsel akan menerapkan jaringan 4G menggunakan teknologi Long Term Evolution (LTE) sekitar 2011 sesuai roadmap yang mereka kembangkan. Teknologi 4G ini masih diuji coba menggunakan frekuensi jaringan 3G yang mereka tempati saat ini.

“Uji coba LTE belum selesai. Kami tengah menyiapkan roadmap-nya untuk at least menggelarnya dalam dua tahun ke depan. Tidak bisa sembarangan, harus commercially proven,” ungkap Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, di kantor pusat Telkomsel, Wisma Mulia, Jakarta, Selasa (18/8/2009).

Meski demikian, Sarwoto menegaskan, pihaknya tetap akan memfokuskan pengembangan 3G terlebih dulu sebelum pada akhirnya melangkah pada 4G. Terlebih, operator ini akan mendapatkan alokasi tambahan second carrier frekuensi 3G selebar 5 MHz lagi setelah menyetujui harga Rp 160 miliar yang diminta pemerintah.

“Kami akan gunakan tambahan frekuensi 3G untuk memperkuat layanan dasar mobile broadband 3G yang telah ada,” kata Sarwoto. Meski demikian, hingga kini Telkomsel belum membayar second carrier frekuensi 3G. “Belum kita bayar karena ini baru proses administrasi. Namun invoice sudah kami kirim sebulan yang lalu,” tandasnya sumber:detik.com

Leave a comment